Minggu, 25 Januari 2009

Trik Sms Arabic dengan HP Nokia

Pernahkah Anda dapat kiriman sms berupa do'a-do'a atau ayat-ayat Al-Qur'an dengan tulisan huruf Arab? Jawabannya kemungkinan besar pernah, dan pertama kali Anda dapat sms itu mungkin Anda merasa bingung dan berkata "Kok bisa ya? kan HPku tidak ada huruf arabnya, apa HP yang ngirim itu ada ya, dia kan orang Indonesia juga".
Nah dari itulah dan juga banyak pertanyaan dan permintaan dari teman-teman saya, maka saya akan coba berbagi trik ini agar teman-teman juga tahu.

Ada Beberapa trik atau cara untuk sms dengan karakter huruf arab, beberapa diantaranya:

- Kombinasi PC-HP-Nokia PC Suite (Cara yang utama)

Pertama Anda harus bisa ketik huruf Arab di PC (Personal Computer) Anda, disini saya menggunakan SO (Sistem Operasi) Windows XP Professional & Home Edition (Bukan versi Arabic lho... dan tentunya Original).
OK Jika Anda masih belum bisa ketik huruf Arab di PC Anda, akan saya pandu untuk mensettingnya secara singkat.
Silakan mulai dari Start - Control Panel - Regional and Language Option, klik tab Language, Check pada Checkbox Instal files for complex script and right-to-left language, jika ada kotak pesan klik OK terus Apply, Kemudian Anda akan diminta memasukkan CD installer Win XP (Sebelumnya Anda harus punya CD intaller Win XPnya dulu, kalau tidak punya pinjam teman, saudara atau tetangganya sebentar deh...) tunggu sampai proses copy selesai, klik tombol detail, klik tombol Add untuk memilih input language dan keyboard layout, pilih Arab Saudy karena kita tadi hanya untuk ketik huruf Arab. Setelah selesai OK semua. Lihat gambar berikut :



Selanjutnya cara untuk mengetik huruf Arab; buka applikasi untuk ketik seperti notepad, Ms Word, Open Office, atau office Suite dll. (dalam hal ini saya pakai Ms Word 2007) kemudian untuk mengetik Arab pada toolbar language di taskbar pilih "AR" alias Arabic, nah sekarang coba ketik sembarang pada Ms Word atau applikasi Anda tadi, lihat hurufnya jadi huruf Arab kan. Sesuaikan huruf-hurufnya untuk Anda rangkai sendiri. Lihat gambar berikut:





Setelah Anda berhasil merangkai sebuah kalimat, atau do'a atau ayat Al-Qur'an dengan huruf Arab sekarang saatnya untuk membuat sms Arab, caranya buka applkasi Nokia PC Suite jika sudah punya, jika belum silakan download di http://www.nokia.co.id/A4616027 kemudian install, setelah selesai silakan buka Nokia PC Suite tersebut. Pilih menu Manage Connection untuk memilih system koneksi ke HP Nokia Anda yang sesuai (saya pakai HP Nokia 7610 dan kabel data DKU 2)Setelah Anda pilih kemudian Close sampai pada taskbar terlihat bahwa HP Nokia Anda telah terkoneksi. Kemudian pilih menu Message atau Pesan Anda akn dibawa ke halaman Explorer Nokia Phone Browser, klik tombol Pesan Baru seperti pada gambar berikut:



Setelah itu akan keluar jendela untuk mengetikkan sms. Buka kembali tulisan Arab yang Anda Buat pada Ms Word tadi, block dan copy tulisan tersebut kemudian pastekan pada applikasi yang untuk ketikkan sms tersebut. Jika Anda akan langsung mengirim ke teman Anda klik menu atau tombol send message, tapi jika Anda menginginkan mengirim sms lewat HP Anda biar orang lain tidak tahu bagaimana mengetikkan sms Arab tersebut maka tekan Save, sms tersebut akan otomatis tersimpan sebagai Konsep Pesan di HP Anda (kalau pakai HP sejenis punya saya alias 7610 atau Symbian lainnya, kalau yang lain pokoknya tersimpan di HP Anda lah...). Lihat Gambar berikut:



Nah sekarang Anda bisa koleksi do'a-do'a, hadist atau ayat-ayat Al-Qur'an untuk dikirim ke teman-teman Anda yang akan membuat teman-teman Anda bertanya-tanya. Intinya adalah copy paste tulisan atau teks Arab yang sudah Anda punya (tidak perlu melakukan setting language jika Anda sudah punya teks bertulikan huruf Arab) kemudian mau dikirim langsung atau mau dikoleksi dulu baru dikirim suatu saat pada momen yang tepat tanpa orang lain tahu bagaimana cara membuatnya padahal di HPnya tidak bisa mengetikkan huruf Arab.

- Merangkai dengan Copy Paste di HP

Sering kali saya diminta untuk membuatkan sms Arab berupa do'a-do'a, hadist dan ayat Al-Qur'an (terutama pada cewek yang dulu pernah dekat dengan aku) banyak lagi permintaan huruf Arab dari "Alif" hingga "Ya", setelah saya pikir-pikir dan bertanya buat apa minta huruf "Alif" hingga "Ya" tersebut, ternyata mereka memanfaatkan dari huruf-huruf tersebut untuk dirangkai sesuai yang diinginkan dengan copy paste langsung dari HP mereka (tentunya HPnya yang bisa Copy Paste atau Salin Tempel).

Dengan trik-trik tersebut tidak diperlukan applikasi java atau symbian khusus untuk mengirim sms Arabic.
Trik-Trik ini juga berlaku pada HP merek Lain dan OS PC lain, namun kayaknya ada sedikit perbedaan ketika Anda menggunakan merek Lain seperti Sony Ericson pada saat penyimpanan sms yang lebih dari satu sms atau 160 karakter. maka akan terpecah tidak lagi satu sms yang harus mengeset sendiri lagi, tapi pada dasarnya dengan semua merek sama.
Untuk HP-HP tertentu memang tidak support untuk font atau huruf Arab (tipe HP-HP kuno), Jadi cek dulu apakah HP Anda support atau tidak.
Demikian trik ini semoga bermanfaat. Terimakasih untuk semuanya..

4 komentar:

  1. Foarte interesant ce ai postat.M-am uitat pe blogul tau si imi place ce am vazut chiar e frumos si interesant.Felicitari si sigur am sa mai revin!

    BalasHapus
  2. Sorry Ciora Andrei, i'm not understand your language, by english please...

    BalasHapus
  3. ki tak komen,

    1. cloara andrei: ketoke spam kui,

    2. wah kata2mu kurang baku nok, hehe,
    a. HP kuno-kuno: hp-hp kuno,
    b. Pesan Konsep: konsep pesan,

    3. eh seng alexa rank kui kanggo blogmu opo kanggo blogspot.com? hhe,
    makanya pake doamain sendiri, contohnya rudyhartadi.web.id,

    ora2 hab, guyon,

    BalasHapus
  4. terimakasih rud koreksinya, akan saya update lagi, soalnya kemarin buatnya cepet-cepetan..

    BalasHapus